Paolo Maldini Kecewa Filosofi Bek Dalam Sepakbola Modern Sudah Berubah

Beritaboladunia.net – Legenda AC Milan, Paolo Maldini kecewa dengan perkembangan sepakbola modern karena Maldini menilai saat ini bek yang ditugaskan sebagai pemain bertahan untuk menjaga area dan gawang timnya kini telah berubah. Bek tidak lagi memiliki fungsi untuk bertahan tapi saat ini dapat difungsikan juga sebagai kreator menciptakan serangan.

Paolo Maldini menghabiskan karir yang sebagian besar bersama klub AC Milan, juga berposisi sebagai seorang pemain bertahan. Maldini menjadi sejarah AC Milan dan Italia karena menjadi bek tangguh dalam karirnya bersepakbola, bersama AC Milan sudah tampil dengan 902 laga dan sudah berhasil mendapatkan gelar bergengsi untuk tim tersebut.

Paolo Maldini menilai seni bertahan dalam sepakbola sudah hilang di era sepakbola modern, kini tidak lagi ditemukan pemain bertahan yang tangguh dengan penjagaan area pertahanan ketika dihadapi dengan sepakan pojok dan tidak ada lagi bek yang bisa menjaga ketat seorang striker ketika diposisikan satu lawan satu. Hal ini membuat Maldini kecewa dengan prinsipnya sebagai bek ketika berkarir menjadi pemain.

“Sekarang sepakbola telah berubah,” ungkap Maldini. “Bek tengah mengawali permainan, sekarang mereka lebih sering mengendalikan bola dan semua berawal dari kiper.”

“20 tahun lalu, hanya ada para bek dan hanya beberapa dari mereka yang percaya diri bisa menguasai bola, jadi segalanya telah berubah. Namun mereka juga lupa kebiasaan untuk mengawal saat sepak pojok atau satu-lawan-satu, jadi seni bertahan kehilangan beberapa karakteristik.”

“Ini mengganggu saya, ya. Terutama di level teratas, karena saya tidak bicara tentang tim divisi kedua. Saya bicara tentang tim nasional dan Liga Champions. Olahraga ini telah banyak berubah, tapi saya pikir pertahanan hebat menciptakan tim yang lebih baik untuk jangka panjang,” pungkasnya.